Tuesday, March 27, 2012

10 Alasan Blog Lebih Penting Daripada Facebook

Facebook mungkin menyenangkan, namun ngeblog jauh lebih bermanfaat. Bagaimanapun bila anda seorang pebisnis, membentuk brand melalui blog lebih aman ketimbang hanya mengandalkan Facebook. Berikut ini alasannya: 
10. Stabilitas
Tampilan Facebook berubah sangat cepat yang membuat anda pusing karena harus menyesuaikan diri lagi. Sedangkan blog lebih stabil, tampilannya dapat anda sesuaikan sesuai yang anda inginkan.
9. Resiko  
Memasarkan produk di Facebook terasa lebih beresiko. Misalnya saja TOS Facebook bisa saja berubah dan tiba-tiba saja produk yang anda jual melanggar peraturan dan hilang sudah investasi kita di Facebook.
Memasarkan produk di blog jauh lebih aman. Terlebih bila anda menggunakan blog dengan hosting sendiri, blog anda - aturan anda.
8. SEO
Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencari).  Bila dilakukan dengan cara yang benar blog anda akan dapat berada di halaman satu mesin pencari. Facebook tak dapat memberikan keuntungan untuk menaikkan blog anda di mesin pencari.
7. Bertahan Lama Di Mesin Pencari
Melalui blog, produk anda dapat dicari mesin pencari kapan saja. Sedangkan update status di Facebook, umumnya hanya bertahan beberapa hari saja di mesin pencari.
6. News Feed 
Di Facebook, kabar berita (News Feed) hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang mengikuti Facebook anda. Sedangkan melalui blog, semua orang bisa melihat isi blog anda.
5. Blog adalah tempat yang baik untuk memulai berbisnis. Sedang Facebook lebih berguna untuk mempromosikan blog dan produk anda.
4. Nilai Tambah
Facebook hanya memberi nilai tambah melalui fitur "Like" sedangkan melalui blog anda dapat memberikan tips, nasihat, mengajari pengunjung terhadap hal-hal yang baru. Bagusnya lagi semua itu akan tersimpan dengan baik di mesin pencari, hal yang tidak bisa diberikan oleh Facebook.
3. Lebih Banyak Diklik
Link menarik dari blog anda lebih berpotensi diklik pengunjung daripada link di Facebook yang seringkali diabaikan pengunjung untuk link-link lama.
2. Raih Lebih Banyak Pengunjung
Melalui blog anda dapat meraih lebih banyak pengunjung. Misalnya dari RSS, Email, pengunjung rutin, pengunjung dari mesin pencari, pengunjung dari berbagai sosial media. Sedangkan di Facebook umumnya anda hanya mendapat pengunjung dari orang-orang yang memberi "Like".
1. Kontrol
Sekarang tibalah di posisi pertama, yakni "Kontrol atau Kendali". Menggunakan Facebook artinya anda harus tunduk dengan kemauan Mark Zuckerberg. Sedangkan bila anda menggunakan blog dengan hosting sendiri, maka andalah yang mengontrol blog anda bukan orang lain.

Kesimpulan

Sebaiknya pusatkan kegiatan bisnis anda melalui blog. Facebook dan sosial media lainnya dapat digunakan sebagai sarana interaksi dengan penggemar produk anda dan untuk menjaring trafik pengunjung ke blog anda. ~VIVAnews.

No comments: