Facebook mungkin menyenangkan, namun ngeblog jauh lebih bermanfaat.
Bagaimanapun bila anda seorang pebisnis, membentuk brand melalui blog
lebih aman ketimbang hanya mengandalkan Facebook. Berikut ini alasannya:
10. Stabilitas
Tampilan Facebook berubah sangat cepat yang membuat anda pusing karena
harus menyesuaikan diri lagi. Sedangkan blog lebih stabil, tampilannya
dapat anda sesuaikan sesuai yang anda inginkan.
9. Resiko
Memasarkan produk di Facebook terasa lebih beresiko. Misalnya saja TOS
Facebook bisa saja berubah dan tiba-tiba saja produk yang anda jual
melanggar peraturan dan hilang sudah investasi kita di Facebook.
Memasarkan produk di blog jauh lebih aman. Terlebih bila anda menggunakan blog dengan hosting sendiri, blog anda - aturan anda.
8. SEO
Search Engine Optimization (Optimasi Mesin Pencari). Bila dilakukan
dengan cara yang benar blog anda akan dapat berada di halaman satu
mesin pencari. Facebook tak dapat memberikan keuntungan untuk menaikkan
blog anda di mesin pencari.
7. Bertahan Lama Di Mesin Pencari
Melalui blog, produk anda dapat dicari mesin pencari kapan saja.
Sedangkan update status di Facebook, umumnya hanya bertahan beberapa
hari saja di mesin pencari.
6. News Feed
Di Facebook, kabar berita (News Feed) hanya bisa dilihat oleh
orang-orang yang mengikuti Facebook anda. Sedangkan melalui blog, semua
orang bisa melihat isi blog anda.
5. Blog adalah tempat yang baik untuk memulai berbisnis. Sedang Facebook lebih berguna untuk mempromosikan blog dan produk anda.
4. Nilai Tambah
Facebook hanya memberi nilai tambah melalui fitur "Like" sedangkan
melalui blog anda dapat memberikan tips, nasihat, mengajari pengunjung
terhadap hal-hal yang baru. Bagusnya lagi semua itu akan tersimpan
dengan baik di mesin pencari, hal yang tidak bisa diberikan oleh
Facebook.
3. Lebih Banyak Diklik
Link menarik dari blog anda lebih berpotensi diklik pengunjung daripada
link di Facebook yang seringkali diabaikan pengunjung untuk link-link
lama.
2. Raih Lebih Banyak Pengunjung
Melalui blog anda dapat meraih lebih banyak pengunjung. Misalnya dari
RSS, Email, pengunjung rutin, pengunjung dari mesin pencari, pengunjung
dari berbagai sosial media. Sedangkan di Facebook umumnya anda hanya
mendapat pengunjung dari orang-orang yang memberi "Like".
1. Kontrol
Sekarang tibalah di posisi pertama, yakni "Kontrol atau Kendali".
Menggunakan Facebook artinya anda harus tunduk dengan kemauan Mark
Zuckerberg. Sedangkan bila anda menggunakan blog dengan hosting
sendiri, maka andalah yang mengontrol blog anda bukan orang lain.
Kesimpulan
Sebaiknya pusatkan kegiatan bisnis anda melalui blog. Facebook dan
sosial media lainnya dapat digunakan sebagai sarana interaksi dengan
penggemar produk anda dan untuk menjaring trafik pengunjung ke blog
anda. ~VIVAnews.
No comments:
Post a Comment