Sunday, August 14, 2011

Asia merupakan kawasan paling berisiko terkena bencana alam

Sebuah laporan yang dikeluarkan Maplecroft Kamis lalu menyebutkan an Asia merupakan kawasan paling berisiko terkena bencana alam seperti gempa, tsunami, gunung berapi, tanah longsor, banjir, badai dkebakaran hutan. Dari beberapa negara di Asia, Jepang menduduki peringkat teratas dan berada di urutan kedua setelah Amerika Serikat, sebagai negara paling rentan tertimpa bencana di dunia.

Setelah Jepang, terdapat Cina dan Taiwan, masing-masing berada di urutan ketiga dan keempat. Menurut hasil survei Maplecroft berjudul “Peta Risiko Bencana Alam 2011” yang melibatkan 196 negara, keempat negara pertama ini masuk kategori berisiko ekstrem. Selanjutnya kategori berisiko tinggi diisi Meksiko, India, Filipina, Turki, Indonesia, Italia dan Kanada.


Namun, kata Maplecroft yang berkantor di Inggris, meskipun masuk kategori berisiko ekstrem, tapi Amerika dan Jepang memiliki kemampuan ekonomi dan sosial yang baik untuk menangani bencana. Karena itu, berdasarkan Indeks kemampuan ekonomi dan sosial, dua negara ini berada di posisi terendah negara berisiko.

Sedangkan Cina, India, Filipina dan Indonesia tetap menempati posisi negara berisiko tinggi. Ini karena kondisi ekonomi, sekalipun sedang tumbuh, dan pemerintahan serta infrastruktur tidak kuat. Begitu juga dengan persiapan menghadapi bencana dan peraturan soal desain bangunan untuk mengurangi efek bencana alam terhadap masyarakat masih kurang, sehingga secara ekonomi dan sosial empat negara ini berisiko tinggi. ~TEMPO

No comments: