Saturday, July 16, 2011

Rumah Kayu Woloan

Rumah Kayu WoloanKami sempat singgah sebentar di Woloan, Tomohon Barat, untuk melihat Rumah Kayu Woloan atau Rumah Panggung Woloan yang sangat terkenal itu, dalam perjalanan dari Manado menuju Tondano pada hari pertama kunjungan ke Sulawesi Utara beberapa bulan lalu. Rumah Kayu Woloan kabarnya tidak hanya digemari di beberapa negara di Asia Tenggara, namun juga sampai ke Jepang dan beberapa negara Eropa.
Rumah Kayu Woloan
Di sepanjang tepian jalan di Woloan, pengunjung akan melihat Rumah Kayu Woloan seperti di atas yang didirikan dan dipajang dalam bentuk utuh di pinggir-pinggir jalan, selayaknya rumah penduduk biasa. Pengunjung pun bisa melihat-lihat, naik ke dalam Rumah Kayu Woloan untuk melihat bagian dalam rumah kayu itu, dan jika tertarik bisa langsung merundingkan harga dengan penjualnya.

Rumah Kayu Woloan
Rumah Kayu Woloan berukuran besar dengan lima kamar seperti di atas bisa berharga ratusan juta rupiah, sedangkan Rumah Kayu Woloan dengan satu kamar bisa ditawarkan dengan harga 20 juta-an, sebelum ongkos kirim.
Rumah Kayu Woloan
Rumah Kayu Woloan ini dibuat dan dijual dengan rancangan rumah adat Minahasa, namun kemudian para pengrajin juga menawarkan rumah kayu dengan rancangan yang lebih modern, dan bisa disesuaikan dengan selera dan rancangan pembeli. Rumah Kayu Woloan sangat sesuai sebagai rumah tinggal untuk daerah-daerah yang rawan gempa seperti di beberapa daerah di Indonesia, di negara Asia Tenggara lain, di Jepang, dan di kepulauan Pasifik.
Rumah Kayu Woloan
Rumah Kayu Woloan terbuat dari beberapa jenis kayu, seperti Aliwowos, Nyantoh, dan Kayu Cempaka, dengan atap seng dan jendela kaca.
Rumah Kayu Woloan
Ada pula penjual yang menawarkan harga Rumah Kayu Woloan berdasarkan luasnya, dimana per meter persegi ditawarkan dengan harga sampai Rp. 1,5 juta. Rumah Kayu Woloan ini menggunakan sistem knock-down, yang dengan mudah dibongkar, dikapalkan, dan dipasang lagi tempat tujuan, setelah ada kesepakatan harga.
Rumah Kayu Woloan
Selain Rumah Kayu Woloan, di Sulawesi Utara rupanya terdapat juga rumah kayu yang dibuat para pengrajin di Desa Mokobang, Kecamatan Modoinding dan Motoling di daerah Minahasa Selatan.

Rumah Kayu Woloan

Kelurahan Woloan, Kecamatan Tomohon Barat,
Tomohon, Sulawesi Utara.

No comments: